Archive for Desember, 2008

KODRAT BERBAHASA
Desember 24, 2008

Otak adalah bagian tubuh yang tersulit untuk dipelajari
E. Fuller Torey

Ketika akan menuju medan laga, seorang jenderal besar di kota Delphi (Romawi) berkunjung ke sorang dukun terkenal. Ia bermaksud meminta ‘azimat’ atau ‘kata-kata bertuah’, nasihat atau apa saja yang bias dijadikan azimat kebal peluru. Ia tidak ingin mati. “Kalau menang dan tidak mati”, piker jenderal besar itu, “siapa tahu saya bisa menjadi penguasa Romawi.
Ketika bertemu dengan sang dukun ia pun menyampaikan maksudnya. “Tenang saja”, kata sang dukun memulai nasihatnya. “Ibis redibis numquam peribis in armis”, lanjut sang dukun. Mendengar itu, wajah sang jenderal tiba-tiba cerah. Ia pulang dengan semangat membara, meloncat-loncat gembira, dan siap memenangi peperangan.
Walhasil? Malang nian nasib sang jenderal. Ia kalah perang, tidak menjadi penguasa Romawi dan paling tragis ia gugur di medan laga dengan ratusan tusukan di tubuhnya. Keluarga sang jenderal marah besar pada sang dukun. “Engkau pendusta. Engkau berkata ia akan memenangi perang dan tidak gugur”, kata sang istri sang jenderal dengan wajah merah marah. “Siapa bilang aku berkata begitu”, timpal sang dukun tak kalah sengit. “Aku hanya bilang “Ibis redibis numquam peribis in armis”, lanjutnya.
Rupanya sang jenderal salah mengerti. Ia mendengar itu sebagai dua buah kalimat yang terpisah sesudah kata redibis (menjadi Ibis redibis, numquam peribis in armis) dan berarti “Engkau akan pergi, akan kembali, dan tidak gugur di medan perang”. Padahal, sang dukun memaksudkannya Ibis redibis numquam, peribis in armis (tanda koma setelah numquam) dan berarti “Engkau akan pergi, tidak akan kembali dan gugur di medan perang”.
Apa yang tersirat dan tersurat dari cerita di atas? Kata-kata ternyata memiliki kekuatan yang dahsyat. Kata-kata bukan saja rangkaian huruf-huruf, melainkan juga sarat “beban”. Ada muatan di dalamnya. Semua yang menjadi muatan kata-kata harus dapat dipahami secara jelas untuk menemukan semangat yang dibawanya. Ilmu komunikasi memiliki prinsip: Words don’t mean, but people mean. Muatan kata-kata justru terletak pada penafsiran masing-masing orang.
Kisah di atas juga sangat dramatis, menggambarkan apa yang oleh ilmu bahasa dan ilmu komunikasi modern disebut PERSEPSI. Menurut sebagian besar filosof, dunia ini adalah tempat ia ditangkap, dan terutama dipersepsi, oleh panca indera dan otak.
Bagi dua orang atau lebih, tidak ada dunia atau fakta yang benar-benar objektif. Anda dan saya boleh melihat kuntum yang sama, kita boleh mencium aroma yang sama. Namun, bagaimana bunga itu memberi pengaruh pada diri kita masing-masing, itu adalah persoalan berbeda. Barangkali, bunga itu akan mengingatkan Anda pada seseorang yang pernah Andai cintai. Bagi saya, bunga itu mengingatkan tugas mata kuliah dulu. Ketika tentamen akhir mata kuliah, dan saya gagal. Bunga itu bagi Anda menyenangkan, tetapi bagi saya menyebalkan.
Persepsi adalah pekerjaan otak. Bila sensasi (masuknya impuls atau informasi melalui panca indera) terjadi pada ujung-ujung saraf, maka persepsi terjadi pada pusatnya di otak. Mungkin ini pekerjaan yang berat bagi otak. Mengapa? Karena persepsi membentuk pikiran dan cara berpikir. Komponen paling penting dari berfikir adalah mempersepsi.
PERSEPSI MELIBATKAN HAMPIR SEMUA KOMPONEN OTAK, TERUTAMA PUSAT-PUSAT PENGERTIAN DAN EMOSI.

Disadur dari “REVOLUSI IQ/EQ/SQ”, Taufik Pasiak.

Pertanyaannya sekarang adalah… APAKAH ADA HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI KITA DENGAN KECERDASAN SQ (SPIRITUAL QUOTIENT) YANG DIANGGAP KECERDASAN DALAM HAL SUDUT PANDANG???

Iklan

Delapan Kebohongan Seorang Ibu Dalam Hidupnya
Desember 24, 2008

Ditulis oleh Hafez di/pada September 12, 2008

Dalam kehidupan kita sehari-hari, kita percaya bahwa kebohongan akan membuat manusia terpuruk dalam penderitaan yang mendalam, tetapi kisah ini justru sebaliknya. Dengan adanya kebohongan ini, makna sesungguhnya dari kebohongan ini justru dapat membuka mata kita dan terbebas dari penderitaan, ibarat sebuah energi yang mampu mendorong mekarnya sekuntum bunga yang paling indah di dunia.

Cerita bermula ketika aku masih kecil, aku terlahir sebagai seorang anak laki-laki di sebuah keluarga yang miskin. Bahkan untuk makan saja, seringkali kekurangan. Ketika makan, ibu sering memberikan porsi nasinya untukku. Sambil memindahkan nasi ke mangkukku, ibu berkata :

“Makanlah nak, aku tidak lapar”
———- KEBOHONGAN IBU YANG PERTAMA

Ketika saya mulai tumbuh dewasa, ibu yang gigih sering meluangkan waktu senggangnya untuk pergi memancing di kolam dekiat rumah, ibu berharap dari ikan hasil pancingan, ia bisa memberikan sedikit makanan bergizi untuk petumbuhan. Sepulang memancing, ibu memasak sup ikan yang segar dan mengundang selera. Sewaktu aku memakan sup ikan itu, ibu duduk disampingku dan memakan sisa daging ikan yang masih menempel di tulang yang merupakan bekas sisa tulang ikan yang aku makan. Aku melihat ibu seperti itu, hati juga tersentuh, lalu menggunakan sumpitku dan memberikannya kepada ibuku.

Tetapi ibu dengan cepat menolaknya, ia berkata :
“Makanlah nak, aku tidak suka makan ikan”
———- KEBOHONGAN IBU YANG KEDUA

Sekarang aku sudah masuk SMP, demi membiayai sekolah abang dan kakakku, ibu pergi ke koperasi untuk membawa sejumlah kotak korek api untuk ditempel, dan hasil tempelannya itu membuahkan sedikit uang untuk menutupi kebutuhan hidup. Di kala musim dingin tiba, aku bangun dari tempat tidurku, melihat ibu masih bertumpu pada lilin kecil dan dengan gigihnya melanjutkan pekerjaannya menempel kotak korek api.

Aku berkata :”Ibu, tidurlah, udah malam,
besok pagi ibu masih harus kerja.” Ibu tersenyum dan berkata :
“Cepatlah tidur nak, aku tidak capek”
———- KEBOHONGAN IBU YANG KETIGA

Ketika ujian tiba, ibu meminta cuti kerja supaya dapat menemaniku pergi ujian. Ketika hari sudah siang, terik matahari mulai menyinari, ibu yang tegar dan gigih menunggu aku dibawah terik matahari selama beberapa jam. Ketika bunyi lonceng berbunyi, menandakan ujian sudah selesai. Ibu dengan segera menyambutku dan menuangkan teh yang sudah disiapkan dalam botol yang dingin untukku. Teh yang begitu kental tidak dapat dibandingkan dengan kasih sayang yang jauh lebih kental.

Melihat ibu yang dibanjiri peluh, aku segera memberikan gelasku untuk ibu sambil menyuruhnya minum. Ibu berkata : “Minumlah nak, aku tidak haus!”
———- KEBOHONGAN IBU YANG KEEMPAT

Setelah kepergian ayah karena sakit, ibu yang malang harus merangkap sebagai ayah dan ibu. Dengan berpegang pada pekerjaan dia yang dulu, dia harus membiayai kebutuhan hidup sendiri. Kehidupan keluarga kita pun semakin susah dan susah. Tiada hari tanpa penderitaan. Melihat kondisi keluarga yang semakin parah, ada seorang paman yang baik hati yang tinggal di dekat rumahku pun membantu ibuku baik masalah besar maupun masalah kecil. Tetangga yang ada di sebelah rumah melihat kehidupan kita yang begitu sengsara, seringkali menasehati ibuku untuk menikah lagi. Tetapi ibu yang memang keras kepala tidak mengindahkan nasehat mereka, ibu berkata : “Saya tidak butuh cinta”
———-KEBOHONGA N IBU YANG KELIMA

Setelah aku, kakakku dan abangku semuanya sudah tamat dari sekolah dan bekerja, ibu yang sudah tua sudah waktunya pensiun. Tetapi ibu tidak mau, ia rela untuk pergi ke pasar setiap pagi untuk jualan sedikit sayur untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kakakku dan abangku yang bekerja di luar kota sering mengirimkan sedikit uang untuk membantu memenuhi kebutuhan ibu, tetapi ibu bersikukuh tidak mau menerima uang tersebut. Malahan mengirim balik uang tersebut. Ibu berkata : “Saya punya duit”
———-KEBOHONGA N IBU YANG KEENAM

Setelah lulus dari S1, aku pun melanjutkan studi ke S2 dan kemudian memperoleh gelar master di sebuah universitas ternama di Amerika berkat sebuah beasiswa di sebuah perusahaan. Akhirnya aku pun bekerja di perusahaan itu. Dengan gaji yang lumayan tinggi, aku bermaksud membawa ibuku untuk menikmati hidup di Amerika. Tetapi ibu yang baik hati, bermaksud tidak mau merepotkan anaknya, ia berkata kepadaku:
“Aku tidak terbiasa”
———-KEBOHONGA N IBU YANG KETUJUH

Setelah memasuki usianya yang tua, ibu terkena penyakit kanker lambung, harus dirawat di rumah sakit, aku yang berada jauh di seberang samudra atlantik langsung segera pulang untuk menjenguk ibunda tercinta. Aku melihat ibu yang terbaring lemah di ranjangnya setelah menjalani operasi. Ibu yang
keliatan sangat tua, menatap aku dengan penuh kerinduan. Walaupun senyum
yang tersebar di wajahnya terkesan agak kaku karena sakit yang ditahannya.
Terlihat dengan jelas betapa penyakit itu menjamahi tubuh ibuku sehingga ibuku terlihat lemah dan kurus kering. Aku sambil menatap ibuku sambil berlinang air mata. Hatiku perih, sakit sekali melihat ibuku dalam kondisi seperti
ini.
Tetapi ibu dengan tegarnya berkata:

“Jangan menangis anakku, Aku tidak kesakitan”
———-KEBOHONGA N IBU YANG KEDELAPAN.

Setelah mengucapkan kebohongannya yang kedelapan, ibuku tercinta menutup matanya untuk yang terakhir kalinya.

Dari cerita di atas, saya percaya teman-teman sekalian pasti merasa
tersentuh dan ingin sekali mengucapkan:

” Terima kasih ibu ! “

ZAKY…I MISS U SO MUCH…
Desember 24, 2008

A I…gi ngapa ya? Yayu kangen loh…pingin telpon a i, tapi….yayu urung siap ngomong karo ibu…
a i, ra telat maem kan? walaupun a i ditinggalaken bapak, rapapa ya? ana yayu karo ibu, yayu sayaaaaaang banget karo a i, mbesuk a i melu yayu ya? a i kudu dadi wong sukses dunia dan akhirat, dadi manusia sing bis gawe bangga Allah, gawe bangga ibu, bapak, and yayu donk. a i kuat kok, a i pinter, yayu tahu itu… baik2 ya di rumah, temani ibu, yang sabar nek lagi dimarahi ibu, ibu tuh sayang banget sama a i, begitu juga dengan bapak ai. tetep baik sama bapak ya? walaupun a i ga bisa ketemu sama bapak. be strong… yayu sayang and lagi kangen banget ma ai.. yayu pingin ketemu a i… doain yayu juga ya? kiss jauh dari yayu untuk a i… salam buat ibu ya? T_T ——–(^_^) senyum donk sayang…….

HATI2 PENIPUAN KEDOK KEKHILANGAN DOKUMEN PENTING ALHAMDULILLAH ALLAH MENYELAMATKANKU DARI PENIPUAN ITU
Desember 24, 2008

Guys, pastinya udah pada tau lah kalau udah banyak modus operandi penipuan2 ga jelas jaman sekarang. Ada yang lewat sms, kalau kita memenangkan hadiah, tapi harus mengirimkan dulu sejumlah duit, dan tentunya banyak lagi yang lain. Oke, jujur aku sering ngalamin kayak gitu, but selalu saja hampir ketipu, maklum…aku kan polos… he he he (maunya). Jadi peristiwa itu terjadi hari Jumat tanggal 19 Desermber kemaren. seperti biasa, setelah kuliah selesai jam 9 aku menuju warung langgananku untuk sarapan. Nah, habis sarapan aku biasa main di tempat bu Sati, seorang ibu 30 tahun yang sudah kuanggap seperti teman dan ibuku sendiri. (idih ngaku-aku).
Di sana aku ngobrol banyak hal, biasa berdiskusi tentang apapun, kalau ga mau disebut ngegosip. yah awalnya si ngobrolin orang, tapi lama2 ya kita membuka pengetahuan, meneliti sesuatu, menganalisis, dan saling bertukar pengetahuan. aku biasa bercerita soal kehidupan kampus dan dosen2ku, beserta ilmu2 yang aku peroleh di kampus, yah… tentang motivasi kebanyakan. kalau beliau biasa berbagi tentang ilmu kemasyarakatan, ilmu agama, ilmu rumah tangga (sesuatu yang sedikit sekali aku dapat dari keluargaku sendiri. he he he jangan tanya kenapa) soalnya aku cewek produk dari broken home, sejak aku kecil (lho kok malah crita sendiri). ya gitu deh…udah ga usah dibahas ya?
Usut punya usut,w aktu sudah menunjuk waktu 13.00. berhubung kami lagi libur solat, kami nyante2 aja di warung koran bu Sati itu, o ya aku lupa bilang kalau tempat nongkrongku itu ya warung koran kecil ukuran 1,5×2 m mungkin. belum ngukur siy… ketika jam di HP sudah menunjukkan waktu setengah 2, kami bersiap2 pulang. segera kemas2 sembari menutup warung mungil warna merah itu. Hem… belum selesai beres2, eh ada tukang soto kenalan bu Sati menyerahkan secangkir, eh selembar amplop kecil berwarna coklat. “Nih jatuh di jalan, takutnya dokumen penting”, kata bapak tukang soto. beliaunya langsung pergi. tinggal kami berdua memandang amplop itu dengan pandangan menyelidik. Di amplop itu tertera tulisan “DOCUMEN PENTING”, aku sempet heran, ni perusahaan OON, atau BODO ya? mosok nulis dokumen aja salah.. weleh2..
“Bu, di sms aja tu perusahaannya, takutnya dokumennya penting”, kataku. bu Sati keliatannya ogah2an gitu, “Udah Mba Ria aja yang sms..”
berhubung aku orang baik dan tidak sombong serta suka menolong, akhirnya aku yang sms. bunyi sms-nya kayak giini (untung masih tersimpan di sent item HPku) :
SAYA MENEMUKAN AMPLOP BERTULISKAN PT MICRO GRAHA PAVINDO, DOCUMEN PENTING NO REG477055047981. SILAHKAN HUBUNGI SAYA KALAU DOKUMEN TERSEBUT BENAR2 DIBUTUHKAN
Nah… akhirnya selesai, setelah itu sudah tak kufikirkan lagi. warung segera ditutup berikut pembicaraan soal dokumen itu. kami tak berani membukanya, dan aku pun tak berminat membawa dokumen itu pulang kekos. jadi aku serahkan ke bu Sati ajah.. he he he, sama bu Sati malah ditaruh di warung, ditinggal di warung maksudnya.
Oke, aku sudha sampai kos kira2 jam4an. ada sms masuk :
(maaf2 sayang sekali sudah kuhapus dari inbox) intinya itu sms dateng dari perusahaan yang mengaku kehilangan dokumen yang kita bicarakan tadi. dia berani memberi kompensasi 120 juta kalau memang dokumen tersebut bener2 dokumen mereka. aku disuruh menuliskan nomor registrasi dan nomor NPWP yang tertera di dalam amplop tadi. Beh… sempet kaget juga melihat nominal120juta. tapi justru jadi ada tanda tanya besar banget, lebih besar dari gedung GSP UGM itu (lebay…). apa segitu pentingnya? masak ada dokumen yang bisa membuat suatu perusahaan memberikan kompensasi 120 juta. jujur andaikata itu bener aku ga tertarik sama duit itu, tapi andai boleh milih, aku milih untuk diberi beasiswa menyelesaikan studi S1 ku sekaligus melanjutkan ke S2, dan juga beasiswa buat Brian, anak bu Sati. tapi kalo bener… bener2 aku ga ada keinginan buat menerima duit kontan 120 juta, dimana itu bukan duit yang berasal dari hasil usahaku. terserah percaya atau ga…
ada sedikit ragu dalam hatiku (wuih puitis banget ya?), kalo perusahaan itu bonafid, dan dokumen itu sangat penting, kenapa dia cuman sms, kenapa ga telpon aja? terus waktu smsnya dia ke aku tu terlalu lama, beberapa jam setelah aku ngirim sms ke dia. Piye kui?
Nah, aku rada bingung tuh habis ntu, masalahnya dokumen itu ga ada sama aku, ada di bu Sati. mosok aku harus balik lagi ke sana? jauh loh, 20 menit perjalanan naik motor, atau nek lewat jalan pintas yo 15 menitan lah. mana bensin cekak, mo habis gitu. ah ogah ah. akhirnya ku sms balik ke perusahaan itu :
KALO NOMOER REG MEMANG ADA DI SAMPUL, APA UNTUK MENGETAHUI NPWP DI SIUP, SAYA HARUS MEMBUKA SAMPUL? BOLEHKAH?
lama kutunggu ga ada balesan. terus aku telpon bu Sati, mengabarkan sms tadi plus minta di smsin nomer NPWP itu…
oke, kumatiin dulu. bu Sati mesti ngambil dkumen itu di warung.
eh ga berapa lama ada sms dari bu Sati kalau itu tuh ternyata penipuan, soalnya bapaknya Brian, alias suaminya bu Sati juga menemukan amplop yang sama persis dengan amplop yang kami temukan. OALAAA…..H langsung hilang minat buat mbahas soal itu lagi. mungkin setelah itu, kita disuruh mengirimkan no REG untuk mengambil pulsa yang kita miliki, setelah pulsa kita berkurang dan masuk ke nomor mereka, mereka bebas menjual pulsa yang mereka ambil dari kita. LICIK BANGET!!! atau malah mereka meminta nomor rekening atau apalah, jenis penipuan yang basi itu. Kok ya tega mereka memanfaatkan kebaikan orang2 polos kayak aku(cieh Ge ER banget neh). bener2 tega, jahat, iseng. Mbok kalau mau nipu ya, sama mereka yang juga penipu… (penipu kok dtipu)..
Alhamdulillah sekali, Allah masih memberi petunjuk… kebetulan yang sudah direncanakan Allah, aku tak membawa dokumen itu bersamaku, coba kubawa, mungkin dengan segera ku kirim REG sekian2 sekaligus nomer NPWP yang mungkin ajah itu format untuk mengambil pulsa dari nomerku. Ck ck ck, kreatif banget Bro!
Dan alhamdulillah bapaknya Brian juga menemukan dokumen yang sama di pinggir jalan di tempat yang jauh dari tempat kami menemukan dokumen sejenis itu. Alhamdulillah banget, coba kalau beliau ga menemukan dokumen itu juga, mungkin kita ga bakalan bisa membandingkan, kita ga bakal tau kalo itu penipuan.
Semoga Allah memberikan hidayah kepada para penipu2 itu…
Sebenernya setelah itu bu Sati mengajakku untuk ngerjain mereka, tapi ah aku udah ilfil. Ogah ah, sayang banget ngabisin pulsa hanya untuk masalah yang ga penting kayak gitu. Namun yang jadi pikiran kita sekarang, masih banyak amplop2 sejenis yang berkeliaran di jalanan kayak gitu. takutnya orang lain ada yang kena tipuan mereka. tapi what can I do now? lapor polisi? wah malah ga digubris ntar…
So, temen2 ati2 ya? jangan terlalu ambisius sama uang gede bernilai jutaan rupiah. itu salah satu kelemahan manusia yang sering dimanfaatkan para penipu… Terimalah uang yang memang itu adalah hak kita, yang memang hasil usaha kita.
Semoga Allah melindungi kita dari kejahatan nafsu kita dan kejahatan mahluknya. Amin…
Wallahua’lam bishawab…

INSTALL ULANG BERKALE-KALE…
Desember 17, 2008

Assalamualaykum…

Apa kabar hari ini? Pertanyaan yang ingin selalu kutanyakan setiap harinya pada diriku sendiri.

LUAR BIAZA!!!

ZUPER BANGET!!!

TAMBAH SEHAT!!

TAMBAH CANTIK!!!

TAMBAH CERDAS!!!

TAMBAH BAIK!!!

TAMBAH ILMU!!!

TAMBAH KAYA!!!

Jawaban2 itu yang harus kuucapkan setiap harinya dalam hidupku.

SudAHKAH AKU BERSYUKUR HARI INI???

Setiap saat setiap waktu, harunsnya kuingatkan itu selalu… selalu…

Begitu banyak nikmat…

Tadi malam sebenernya aku tidur, tapi serasa ga tidur. Jadi begini loh ceritanya, ehem ehem…

Kemarin aku install antivirus AVG di laptopnya citra, salah satu temen deketku, sama2 anak Banyumas getoh… Yup, tapi aku idah filing, virus2 itu sudah begitu luas, pastinya udah sampai menginfeksi file penting dalam windows. Bener juga kekhawatiranku, baru sampai di kosan, at Jalan Monjali, Yogyakarta tentunya, ada sms masuk. Dari Citra,

“M, lepiku kan lagi nyecan, trs dadi lemot bgt. EROR, aq matiin scr kasar, aq idupin lg. trus log off dwek, ddi ra bs mlebu windows gtu pa yah?Wah tambah mumet aq kie.”

Upz, begitulah, berhubung file yang sudah terinfeksi itu terscan dan dikuarantina sama antivirus tadi, so ga bs diakses dunk. Nah beberapa file itu ternyata file penting windows dan salah satunya adalah file agar bisa log in ke windows. Oke2. walaupun nguantuk karena habis minum obat, scara aku orang yang bertanggung jawab (Ge ER)… aku sms balik dia dan bilang kalau aku bakal ambil laptopnya buat tak instal ulang, tapi minta duit dia juga sih buat minjem CD windowsnya… HE he he duit cekak…

Oke deh ga usah lama2, aku sampai ke kos dia sekitar seperempat jam setelah adzan magrib berkumandang, langsung ga usah ba bi bu lagi, aku segera membawa laptopnya ke kosku. Yah lumayan jauh lah, Jalan monjali di deket ringroad utara, ke kosnya citra di terban. ujung utara ke ujung selatan. sebelum pulang ke kos, tak lupa aku ngrental CD installer WinXP Black. maklum maunya simpel and praktis…jadi ya ambil yang versi Black. EHm ehm… batuk2 pula…

Oke, udah nyampe kos nih, tapi nguantuk akibat efek obat semakin jadi ajah… Oh iya aku belum mandi, so setelah mandi, semuanya lumayan seger…

Oke kucoba instal ulang…eh macet di tengah jalan. ada eror karena filenya corrupt. waduh, akhirnya terpaksa aku make CD installer yang lain. untung aku masih pinjem dari Afni. Yah…. berkali-kali, kucoba, kali ajah masih bisa nyambung ke yang XP Black, eh ga bisa juga… so install segala2nya manual deh… sembari tidur. jadi ga nyenyak gitu tidurnya..serasa ga tidur. 15 menit, bangun, setengah jam bangun, terus ngebenerin ini itu. wah… hal itu berlangsung sampai jam4 pagi. komputerku dan laptop citra bener2 kumatiin. baru bisa tidur tenang. BUT!! aku kuliah jam7!!! kalau telat ga boleh masuk. Ya itu kuliahnya Pak AGfi, Multimedia. aku ga mau bolos, rugi. banyak pelajaran yang kuambil dari beliau, the one of my inspirators…

Yah…uangop uangop gitu deh, nguap sini, nguap situ… tapi tetp semangat dunk!! Yah soalnya semalaman aku instal satu laptop dan satu komputer, ya itu milik aku sendiri. kasusnya mirip sama laptop citra itu…

Tapi aku masih sangat bersyukur, Allah membangunkan aku sekitaran jam5.15. lagi ga solat juga sih, tapi aku masih sempet ngikutin ceramahnya ustad sigit di retjobuntung FM. Great!!walaupun perasaan yang aneh karena tidur bentar, tapi sekarang, biasa ajah tuh… apalagi habis dapet training motivasi gratis dari Mr Agfi.. Alhamdulillah…

Yah walaupun aku harus instal ulang lagi laptopnya citra. Kenapa? Coz, tadi malem aku sempet scan pake McAfee,nah ternyata kayak gitu lagi, ga bisa log in lagi ke windows, nge-log off ndiri. Ya gapapa lah… pasti ada hal yang bisa kusyukuri, dan pasti ada hal yang bisa kupelajari dari keberhasilan yang tertunda ini…SEMANGAT!!! ALLAHU AKBAR

LELAH, JENUH, TRUS MIMPI KITA GIMANA DONK?
Desember 17, 2008

aku imel2an ma salah satu inspiratorku, my great lecturer, Mr. Agfianto…

begini ceritanya :

Ria Marliana wrote:

Asslmkm…

wa’alaikum salam wr wb

apa yang dilakukan Bapak ketika lagi males atau terpaksa harus istirahat karena sakit padahal banyak impian yang sedang menunggu?

sebenarnya sakit bukanlah halangan…
waktu sakit ‘hati’ sekitar pertengahan juli 2008 kemarin
bpk bisa menyelesaikan 90% membaca buku kun fayakun ust y.mansur
(bukunya sendiri gratis…) dan itu salah satu goal saya waktu itu…

males?
jangan la yauw…
coba kita cek dulu, kenapa males?
apa yang menyebabkan males?
cuman satu saja…
apa yang kita kerjakan tidak sejalan dengan apa yang kita inginkan…
ya nggak?
misalnya…
sudah bekerja keras belajar matematika kok ya belum mudeng2… males ach…
sudah berusaha cari tumpangan belum dapet2… males ach…
dst…

gimana kalo mbak Ria saya todong pistol di kepala
untuk membuat artikel multimedia minimal 100 halaman 1 spasi flat!?
kalo dalam waktu 1 minggu tidak kelar saya tembak!
gimana kira2 masih males??

ato ortu Anda butuh uang 10juta (misalnya)
kalo gak… ortu Anda akan dibunuh…
Anda berusaha sekeras2nya dan secerdas2nya… males gak? iya gak lah…

nah 2 yang terakhir ini adalah masalah MOTIVASI… mewujudkan impian/keinginan…

terus bagaimana cara saya?
ya sama saja mbak…
saya selalu terpancang pada (FOKUS) impian/cita-cita dekat maupun jauh…
jadi ketika terasa males (entah apapun alasannya) saya coba mengingat kembali
bagaimana kecewanya jika gagal dan bagaimana berkesan bahagianya ketika berhasil…

sebenarnya banyak yang bisa dilakukan saat menghadapi penyakit malas ini…
kalo impian kuat – gak mungkin malas…
kalo motivasi kuat – gak mungkin malas…

emang saya omong emang mudah, tapi praktek sulit tapi PASTI BISA, YESS PASTI BISA
dan alhamdulillah sudah saya buktikan sendiri…

gak percaya? ya silahkan dibuktikan sendiri… he he he

wassalamu’alaikum wr wb

maturnuwun sakderengipun

100 Hal Kebaikan…
Desember 17, 2008

100 hal kebaikan (saya copy-paste dari suatu milis) ini perlu saya posting di website saya, baik yang di UGM maupun di Blogspot

  1. Bersyukur apabila mendapat nikmat;
  2. Sabar apabila mendapat kesulitan;
  3. Tawakal apabila mempunyai rencana/program;
  4. Ikhlas dalam segala amal perbuatan;
  5. Jangan membiarkan hati larut dalam kesedihan;
  6. Jangan menyesal atas sesuatu kegagalan;
  7. Jangan putus asa dalam menghadapi kesulitan;
  8. Jangan usil dengan kekayaan orang;
  9. Jangan hasud dan iri atas kesuksesan orang;
  10. Jangan sombong kalau memperoleh kesuksesan;
  11. Jangan tamak / pelit kepada harta;
  12. Jangan terlalu ambisius akan sesuatu kedudukan;
  13. Jangan hancur karena kezaliman;
  14. Jangan goyah karena fitnah;
  15. Jangan bekeinginan terlalu tinggi yang melebihi kemampuan diri;
  16. Jangan campuri harta dengan harta yang haram;
  17. Jangan sakiti perasaan ayah dan ibu;
  18. Jangan usir orang yang meminta-minta;
  19. Jangan sakiti anak yatim;
  20. Jauhkan diri dari dosa-dosa yang besar;
  21. Jangan membiasakan diri melakukan dosa-dosa kecil;
  22. Banyak berkunjung ke rumah Allah (masjid);
  23. Lakukan shalat dengan ikhlas dan khusyu;
  24. Lakukan shalat fardhu di awal waktu, berjamaah dan di masjid;
  25. Biasakan shalat malam;
  26. Perbanyak dzikir dan do’a kepada Allah;
  27. Lakukan puasa wajib dan puasa sunat;
  28. Sayangi dan santuni fakir miskin;
  29. Jangan ada rasa takut kecuali hanya kepada Allah;
  30. Jangan marah berlebih-lebihan;
  31. Cintailah seseorang dengan tidak berlebih-lebihan;
  32. Bersatulah karena Allah dan berpisahlah karena Allah;
  33. Berlatihlah konsentrasi pikiran;
  34. Penuhi janji apabila telah diikrarkan dan mintalah maaf apabila karena sesuatu sebab tidak dapat dipenuhi;
  35. Jangan mempunyai musuh, kecuali dengan iblis/syetan;
  36. Jangan percaya ramalan manusia;
  37. Jangan terlampau takut miskin;
  38. Hormatilah setiap orang;
  39. Jangan terlampau takut kepada manusia;
  40. Jangan sombong, takabur dan besar kepala;
  41. Bersihkan harta dari hak-hak orang lain;
  42. Berlakulah adil dalam segala urusan;
  43. Biasakan istighfar dan taubat kepada Allah;
  44. Bersihkan rumah dari patung-patung berhala;
  45. Hiasi rumah dengan bacaan Al-Quran;
  46. Perbanyaklah & menyambung silaturahmi;
  47. Tutup aurat sesuai dengan petunjuk Islam;
  48. Bicaralah secukupnya, jangan berbicara dengan berteriak;
  49. Beristri/bersuami kalau sudah siap segala-galanya;
  50. Hargai waktu, disiplin waktu dan manfaatkan waktu;
  51. Biasakan hidup bersih, tertib dan teratur;
  52. Jauhkan diri dari penyakit-penyakit bathin;
  53. Sediakan waktu untuk santai dengan keluarga;
  54. Makanlah secukupnya tidak kekurangan dan tidak berlebihan;
  55. Hormatilah guru dan ulama;
  56. Sering-sering bershalawat kepada nabi;
  57. Cintailah keluarga Nabi Muhammad SAW;
  58. Jangan terlalu banyak hutang ataupun royal;
  59. Jangan terlampau mudah berjanji;
  60. Selalu ingat akan saat kematian dan sadar bahwa kehidupan dunia adalah kehidupan sementara;
  61. Jauhkan diri dari perbuatan-perbuatan yang tidak bermanfaat seperti mengobrol yang tidak berguna;
  62. Bergaullah dengan orang-orang shaleh;
  63. Sering bangun di penghujung malam, berdoa dan beristighfar;
  64. Lakukan ibadah haji dan umrah apabila sudah mampu;
  65. Maafkan orang lain yang berbuat salah kepada kita;
  66. Jangan dendam dan jangan ada keinginan membalas kejahatan dengan kejahatan lagi, balaslah dengan kebaikan;
  67. Jangan membenci seseorang karena paham dan pendirian ataupun beda pendapat;
  68. Jangan benci kepada orang yang membenci kita;
  69. Berlatih untuk berterus terang dalam menentukan sesuai pilihan;
  70. Ringankan beban orang lain dan tolonglah mereka yang mendapatkan kesulitan;
  71. Jangan melukai hati orang lain;
  72. Jangan membiasakan berkata dusta;
  73. Berlakulah adil, walaupun kita sendiri akan mendapatkan kerugian;
  74. Jagalah amanah dengan penuh tanggung jawab;
  75. Laksanakan segala tugas dengan penuh keikhlasan dan kesungguhan;
  76. Hormati orang lain yang lebih tua dari kita;
  77. Jangan membuka aib orang lain ataupun berburuk sangka;
  78. Lihatlah orang yang lebih miskin daripada kita, lihat pula orang yang lebih berprestasi dari kita;
  79. Ambillah pelajaran dari pengalaman orang-orang arif dan bijaksana;
  80. Sediakan waktu untuk merenung apa-apa yang sudah dilakukan;
  81. Jangan minder karena miskin dan jangan sombong karena kaya;
  82. Jadilah manusia yang selalu bermanfaat untuk agama, bangsa dan negara;
  83. Kenali kekurangan diri dan kenali pula kelebihan orang lain;
  84. Jangan membuat orang lain menderita dan sengsara;
  85. Berkatalah yang baik-baik atau tidak berkata apa-apa;
  86. Hargai prestasi dan pemberian orang;
  87. Jangan habiskan waktu untuk sekedar hiburan dan kesenangan;
  88. Akrablah dengan setiap orang, walaupun yang bersangkutan tidak menyenangkan;
  89. Sediakan waktu untuk berolahraga yang sesuai dengan norma-norma agama dan kondisi diri kita;
  90. Jangan berbuat sesuatu yang menyebabkan fisik atau mental kita menjadi terganggu;
  91. Ikutilah nasihat orang-orang yang arif dan bijaksana;
  92. Pandai-pandailah untuk melupakan kesalahan orang dan pandai-pandailah untuk melupakan jasa kita;
  93. Jangan berbuat sesuatu yang menyebabkan orang lain terganggu, dan jangan berkata sesuatu yang dapat menyebabkan orang lain terhina;
  94. Jangan cepat percaya kepada berita jelek yang menyangkut teman kita, sebelum dicek kebenarannya;
  95. Jangan menunda-nunda pelaksanaan tugas dan kewajiban;
  96. Sambutlah uluran tangan setiap orang dengan penuh keakraban dan keramahan dan tidak berlebihan;
  97. Jangan memforsir diri untuk melakukan sesuatu yang di luar kemampuan diri;
  98. Waspadalah akan setiap ujian, cobaan, godaan dan tantangan. Jangan lari dari kenyataan kehidupan;
  99. Yakinlah bahwa setiap kebajikan akan melahirkan kebaikan dan setiap kejahatan akan melahirkan kerusakan;
  100. Jangan sukses di atas penderitaan orang dan jangan kaya dengan memiskinkan orang.

Ya Alloh berikanlah kekuatan kepada kami agar bisa melakukan 100 (bahkan lebih) kebaikan-kebaikan ini, amin…

Sebenernya, orang jenius itu tak ada…
Desember 17, 2008

Ga setuju dengan judul itu? Lha monggo…

He he he baru saja aku ikuti mata kuliah Multimedia, dosennya kueren uabiz dah… Salute for Mr. Agfianto…CLAP CLAP CLAP.. Beliau tak pernah memberikan kuliah yang membosankan, ya ga? Terus selalu membuat suasana kuliah bak training motivasi… Banyak pelajaran berharga kudapet dari bliaunya ntu… Tak hanya materi kuliah, tapi justru bigger than it..Karena sesungguhnya, tak ada universitas yang lebih baik kecuali kehidupan itu sendiri kan? Ya… asalkan kita mau belajar dan terus belajar…

Berkaitan dengan judul di atas, simple aja sih… Perkaranya bukanlah ada atau ga ada orang jenius itu. Sebenernya siapa orang jenius itu…

YUP!! Orang jenius adalah mereka yang tahu strategi belajarnya dan mau mempraktekkannya…

Coba aja deh pikir…(hm….mikir….)

Ada seorang anak mendapat nilai matematika tujuh, kemudian ayahnya bertanya…

“Nak, gimana strategi belajar kamu?”, tanya sang ayah.

“Adek nyatet rumus2nya Yah, habis tu dibaca-baca deh…”, jawab sang anak itu polos..

“Ha ha ha..lha iya, pantesan..matematika itu bukan dihafalin rumusnya…cukup dibaca satu kali ajah… habis itu,BUANG!”

Sang anak jadi tambah bingung…

“Mulai sekarang perbanyak latihan soal, OKE?”, lanjut sang ayah.

Temen2 yang udah mbaca artikel ini, udah tahu belum maksudnya? Sebenrnya perkara bisa atau ga, jenius atau kagak, itu perkara strategi belajar ajah…

Mungkin strategi belajar aku dengan temenku bisa aja berbeda, ada yang sambil nyatet,a da yang cukup mendengarkan, ada yang harus melihat dan membaca sendiri.. Banyak deh.. SO pasti ikhtiar, cari tahu strategi kita, kemudian berdoa, dijamin 100% berhasil, pasti akan lebih baik, INSYA ALLAH…

GA percaya? Buktikan!! Yuk sama2 terus belajar

Huallahua’lam bishawab….

GIMANA MENGATASI PATAH HATI SIH?
Desember 16, 2008

Lama ya ga nulis. Padahal manusia khususnya cewek butuh curhat. Nah berhubung aku udah terlalu banyak ngomong, mending aku nulis deh sekarang. Oke Guys, topic kita kali ini mbahas permasalahan pelik yang dari jadul sampai tahun depan kayaknya ga bakalan selese selese. Tahu apa itu?
Yup salah!!! Benernya…adalah,,,,,CINTA alias LOVE
Ada yang salah??Wait, jangan emosi dulu Sob. Jangankan membahas yang lebih jauh, untuk ngerti apa itu cinta aja, masing-masing orang berbeda-beda tanggapannya. Bener ga? Otomatis bukan aku ahlinya cinta, apalagi ke tingkat pakar. Aku Cuma mengamati. Yah..mungkin juga aku sering mengalami gejala-gejala orang sakit cinta..tapi…UPS, sakit? Ya…orang jatuh cinta kadang ngrasa sakit kan?Ehm ehm ada yang kesindir neh kayaknya.
Langsung aja ya Sob, ga usah babibu again. Tadi pagi aku barusan mendapat sms dari temenku, dia bilang dia diutus, eh salah, diputus maksudku. Aku heran, diputus? Kapan mereka jadian. Scara gitu mereka kan ga ada ikatan apapun. Belum lagi, cerita dari temenku si cewek itu, dia ngakunya belum pernah nembak. Dan emang sih yang seneng tuh kayaknya temenku. Sedangkan cowok gebetannya itu pasif pisan euiy. Malah tambah pasif aja pas Ramadan kali ini. Kubales dengan satu kata, “Mosok?”.
Jahat ga sih..kayaknya ga, kukira dia bercanda. Habis dia kadang2 gitu, merasa sudah ada hubungan, sok2 udah deket. He he he
Njuk, aku terperangah membaca sms balesan dari dia. Ck ck ck
Kali ini dia serius, maksudku, cowok itu yang serius soalnya dia ngirim sms nya kayak gini :
Dek Fulanah…maaf y kl sms ni nyinggung Fulanah..tp aq bner2 gpp ko.pkrnmu tntgq (mgkn ngliat aq lg pny mslh ato smcmny gt) sbnrny salah.hehe..i’m really fine..g usa pke kt2 smgt2 itu pun aq ud tw apa yg msti qlkukn .maaf.tp jjr,knpa tiap smsmu aq jrg bls,aq ngjga prsaan kmu..(nyuwun sewu,bkn mksd nyinggung).tp kl g ad psan pntg.g us srg2 sms aq.itu dmi kbaikanmu sndri.mksi..mgkn smsq trlht aga krg baik.maaf y..well,do de best 4 your life.n crilah cow yg bs bntu n nmni kmu =).smg sltrhmi ttp trjga.n_n
Fiuh…JEDUG, GEDUBRAK. Aku kaget aja. Udah hamper sesemester atau lebih temenku itu ga pernah curhat soal cowok gebetannya tadi. Eh tiba-tiba, mak jeger ada sms kayak gitu. Yo kaget lah.
Tunggu bentar mendingan kita nyebut cowok gebetan temenku dengan Fulan. Gitu aja ya? Soalnya kepanjangen nek ga ada namanya. Oke deh sepakat!!
Lanjut ke masalah yang tadi. Tahu ga kenapa aku mengangkat, eh maksudku menulis kisah si FUlanah ini? Wah…aku salut dengan ketegasan dan kelembutan si Fulan. Dia menolak secara alllluuuuuuuzzzzzzz banget. Sampai ga ada suaranya. Ya iya lah orang cuman sms, mosok ada suaranya. Guys, mbok dari dulu aku tahu sms yang kayak gitu, mungkin aku ga perlu membuat orang lain sakit hati. Ck ck ck, cie cie, sok laku. He he he.
Dan aku tahu si Fulanah, temenku itu bakal tambah kuat. Ga cuman sekali dia menyukai orang dan mendapat penolakan kayak gitu, maaf terpaksa menggunakan kata penolakan. Habis kata apa lagi dunk yang lebih tepat? Mungkin ini salah satu jawaban Allah atas doanya agar dia tambah dewasa, tambah kuat, dsbangsanya. Em…buat Fulanah, hidup tak hanya sekedar memikirkan cinta dunia, termasuk lawan jenis. Di luar sana dunia masih begitu luas, masih begitu Bundar, dan masih banyak hal yang mesti kita lakukan untuk mengisi sisa hidup kita, agar bisa kembali padaNya dengan senyuman. Kita boleh sedih, tapi jangan jadikan kesedihanmu menghalalkan tindakan yang ga beres. Semangat dan bangkit, hidup harus terus berjalan. Lihat di luar sana saudara kita di Palestina, adek2 kita yang belum baligh sudah memegang senjata, melawan Israel. Kita di sini masih bisa nonton TV dan buka bersama. Lihat di sana ada saudara2 kita yang sedang mengungsi karena banjir, bencana alam, kita masih bisa tertawa dan menangis karena hal-hal yang tak lebih berat dengan ujian mereka. Betapa lemahnya kita, yang dengan sedikit ujian saja kita hampir runtuh.
Bangun teman2 dan sahabatku, bersyukur kita masih bisa hidup hingga detik ini. Ayo bareng2 kita belajar menjadi manusia yang berprestasi, bukan ketika kita meraih piagam atau penghargaan. Akan tetapi prestasi adalah ketika kita mampu memberikan manfaat bagi sekeliling kita.
Bismillahirrahmanirrahim…Jemput ajal kita dengan senyuman. Allahu Akbar….